Tugas

Sejarah Singkat MS Office(http://geeks.netindonesia.net/blogs/tutang/archive/2007/01/24/Sejarah-Singkat-MS-Office.aspx)

Sejarah panjang perjalanan Microsoft Office hingga saat ini, banyak perubahan dan penambahan fasilitas sejak pertama kali diluncurkan tanggal 30 Agustus 1992. Waktu itu aplikasi perkantoran ini diberi nama Microsoft Office versi 3.0. Pada versi tersebut Microsoft Office menyertakan Microsoft Word sebagai pengolah kata, Microsoft Excel sebagai pengolah angka, Microsoft PowerPoint digunakan sebagai aplikasi presentasi yang handal dan Microsoft Mail digunakan untuk menerima dan mengirim email.

Setelah populer dengan Microsoft Office 3.0, pada tahun 1995-an Microsoft kembali meluncurkan Microsoft Office 95 bersamaan waktu itu Microsoft meluncurkan sistem operasi Microsoft Windows 95. Pada sistem operasi ini Microsoft merombak total Windows versi 3.1 dan Windows 3.11 for Workgroup, perubahan yang cukup signifikan dalam sejarah sistem operais PC saat itu. Sejalan dengan pekembangan sistem operasi Microsoft Windows, Microsoft Office sendiri terus berkembang dan semakin mapan dan terus digandrungi serta digunakan oleh sebagian besar masyarakat komputer di dunia, termasuk di Indonesia.

Sampai pada tahun 2000-an Microsoft sudah meluncurkan beberapa versi Microsoft Office dan sampai saat ini masih tetap digunakan sebagai andalan aplikasi perkantoran modern. Beberapa versi dari Microsoft Office yang masih banyak digunakan saat ini antara lain Microsoft Office 2000, Microsoft Office XP (2002) dan Microsoft Office 2003.

Pada kenyataannya sampai saat ini masih banyak kemampuan Microsoft Office 2003 masih belum tersentuh oleh pemakainya. Namun sejalan dengan perkembangan teknologi dan sistem operasi yang juga terus berkembang, maka diluar dugaan Microsoft kembali akan meluncurkan Microsoft Office 2007 bersamaan dengan Windows Vista yang sebentar lagi akan hadir di tengah-tengah masyarakat komputer dunia.

Evolusi Microsoft Word (1989 – 2007)Sebelum 1989, Microsoft Word merupakan aplikasi DOS dengan sejumlah perintah yang rumit. Beberapa saat kemudian ia hadir dengan fitur grafis pada Mac OS. Word pertama untuk Windows hadir pada tahun 1989 dan didesain untuk Windows 3.0.

Versi Word 2.0 dirilis sebagai bagian dari Microsoft Office 3.0 pada tahun 1992, Word menjadi pemimpin dalam pasar. Sebagian besar fitur dasar yang kita gunakan hari ini sudah ada pada word 2.0.

Office 4.0 dirilis pada tahun 1994. ia disebut dengan Word 6.0 walaupun versi pendahulunya bernama 2.0. Tujuannya adalah untuk menggunakan versi penomoran yang sama dengan versi Mac OS .

Word 7.0 merupakan bagian dari Office 95 yang dirilis pada tahun 1995 untuk Windows 1995. Word telah menjadi lebih dari sekedar aplikasi yang mem-proses kata pada tahapan ini, ia mencakup peralatan menggambar, dukungan lain-lain. Fitur terbaiknya adalah koreksi terhadap pelafalan kata – dengan garis merah bergeriginya.

Saat Word97 dirilis tahun 1996, ia mencakup fitur bodoh yang sangat menggangu para pengguna – Office Assistant, yang nyatanya sangat tidak membantu.

Word 2000 (bagian dari Office 2000) dirilis tahun 1999 merupakan support terakhir untuk Windows 95. Virus Office macro mulai menyebar dengan cepat.

Mr Clippy masih dapat anda lihat sampai Word 2002 (bagian dari Office XP) yang dirilis tahun 2001. Clippy secara default dimatikan pada Office XP.

Saat Office 2003 dirilis tahun 2003, Microsoft Word diberi nama baru menjadi Microsoft Office Word. Selain tampilan yang berbeda yang menyerupai desain Windows XP, hal lain tidak banyak berubah dari Word 2002.

Word 2007 (bagian dari Office 2007) dirilis 30 Jan 2007, memerlukan waktu 3 tahun untuk pengembangan. Ia meliputi beberapa perubahan. Namun pada versi ini banyak pengguna yang mengeluh, karena mereka tidak dapat menemukan apa yang mereka cari.

Setting Microsoft Word 2007

Yang pertama harus kita lakukan adalah melakukan setting terhadap Microsoft Word 2007. Berikut adalah langkah-langkahnya

  1. Buka Microsoft Word. Kemudian klik Office Button > New setelah itu di dialog New Document pilih New Blog Post
  2. Kemudian pilih Manage Account. Apabila belum pernah disetting sebelumnya maka akan langsung masuk ke jendela Manage Account
    Berikut adalah jendela Manage Account. Setelah itu pilih New untuk membuat account baru
  3. Pilihlah Blog Provider kamu. Di sini saya akan contohkan saya menggunakan WordPress. Kemudian tekan Next.
  4. Setelah itu maka akan muncul dialog untuk memasukkan alamat xmlrpc beserta username dan password blog kamu. Perhatikan sebagai contoh, blog saya berlokasi di http://belajarpemrograman.net dan alamat xmlrpcnya berada di http://belajarpemrograman.net/xmlrpc.php. Maka yang saya masukkan adalah alamat xmlrpcnya. Pastikan juga kamu mengaktifkan “Remember Password” agar tak perlu memasukkan password setiap melakukan posting. Kemudian tekan OK
  5. Setelah ini, Microsoft Word akan melakukan koneksi dengan blog kamu. Dan kamu siap untuk menuliskan blog.

Miragsi ke Windows Vista

Saat ini ada beberapa sistem operasi yang digunakan di Indonesia, salah satunya adalah sistem operasi keluaran Microsoft. Sistem operasi keluarga Microsoft Windows yang digunakan untuk komputer rumahan atau desktop dan sangat populer sejak diperkenalkan tahun 80-an silam anytara Microsoft Windows 3.0, Windows 3.1, Windows 95, Windows 98, Windows 98 SE dan Windows Me. Sedangkan sistem operasi yang digunakan untuk jaringan antara lain Windows 3.11 for Workgroup, Windows NT, Windows 2000 Professional dan Windows XP.

Microsoft Windows Vista yang akan diluncurkan dalam waktu dekat ini mempuyai banyak fitur dan kemampuan kalau diibaratkan lompatannya hampir sama seperti Microsoft Windows 3.1 ke Microsoft Windows 95 atau Windows 3.11 for Workgroup ke Windows NT Client. Sementara perkembangan dari Windows 2000 Professional ke Windows XP mungkin tidak terlalu signifikan, tetapi cukup membuat pemakainya terkagum-kagum dengan berbagai fitur dan kemampuan Microsoft Windows XP yang sampai saat ini masih banyak digunakan oleh sebagian besar pengguna komputer di dunia ini termasuk di Indonesia.

Pada Windows Vista, kemungkinan besar Microsoft akan banyak merombak berbagai tampilan deskto, fasilitas, dan tombol start yang semakin interaktif dan hidup. Selain itu tentu saja Microsoft telah menambah dan mengubah dengan berbagai fitur mulai dari ikon sampai dengan tampilan disetiap jendela. Dengan demikian Microsoft Windows Vista meruapakan suatu revoluasi sistem operasi modern yang siap mengguncang sistem operasi dunia dimasa yang akan datang.

Sistem operasi ini memiliki beberapa fitur spesifik terkait design grafis dan animasi, pengaturan dokumen bisnis dan kemudahan berinteraksi dengan para pelaku bisnis lainnya. Interface baru yang disebut dengan Windows Aero akan memberikan pengalaman desktop berkinerja tinggi. Dalam hal ini Microsoft menghadirkan tampilan profesional, desain transparan dengan efek-efek halus seperti refleksi dinamis, animasi yang halus dengan fitur-fitur navigasi 3D desktop Windows Flip and Flip.

Untuk mendukung kinerjanya, system ini memiliki beberapa fitur khusus seperti Windows Bitlocker Drive Encryption. Fitur ini berfungsi untuk melindungi data dan properti intelektual dari pihak lain apabila komputer tersebut hilang.

Implementasi Virtual PC Express yang dimasukkan dalam peranti ini memungkinkan aplikasi turunan untuk dapat berjalan pada sistem operasi Windows turunan tanpa mengalami perubahan dalam lingkungan virtual Windows Vista. Sementara subsistem untuk aplikasi berbasis Unix membuat pengguna untuk menjalankan aplikasi Unix tanpa harus melakukan perubahan apapun pada PC berbasis Windows Vista.

Tidak jauh berbeda seperti halnya Windows XP, ada yang 32 bit dan 64 bit. Begitu juga dengan Microsoft Windows Vista juga tersedia untuk sistem 32-bit dan 64-bit. Sistem 32-bit dirancang secara spesifik untuk komputer-komputer standar, sementra versi 64-bit disiapkan untuk segmentasi menengah ke atas.

Tidak jauh berbeda seperti halnya Windows XP, ada yang 32 bit dan 64 bit. Begitu juga dengan Microsoft Windows Vista juga tersedia untuk sistem 32-bit dan 64-bit. Sistem 32-bit dirancang secara spesifik untuk komputer-komputer standar, sementra versi 64-bit disiapkan untuk segmentasi menengah ke atas.

Untuk menjalankan Windows Vista diperlukan hardware minimal dengan memori minimal 512MB, kartu grafis yang mendukung DirectX 9.0, dan prosesor Intel Pentium IV, Intel Pentium Centrino, atau AMD generasi terbaru. Namun demikian kalau Anda memiliki komputer Laptop dengan spesifikasi Pentium Cntrono 1.6 Gbyte dengan RAM 512 sudah pasti bisa menjalankan Windows XP.

Kebutuhan harddisk juga cukup lumayan besar, dalam hal ini Windows Vista memerlukan minimal 10 Gbyte. Sebenarnya untuk Windows sendiri cuup dengan space 6-7 Gbyte, tetapi apabila ada penambahan spftware jelas memerlukan space tambahan sampai dengan 10 Gbyte.

Proses Instalasi Windows Vista

Seperti halnya Windows XP aau Windows versi lainnya, proses instalasinya sangat mudah. Begitu juga dengan Windows Vista. Proses instalasi Windows Vista jauh lebih mudah. Pada proses instalasi ini Anda bisa langsung melakukan boot dari DVD dan langsung memformat harddisk Anda, kemudian proses instalasi terus dilaksanakan. Anda juga bisa dengan cara mengupgrade apabila sebelumnya sudah menggunakan Windows versi sebelumnya, misalnya Windows XP Professional.

Kalau proses instalasi dengan cara mengupgrade maka setelah Anda memasukkan master Windows Vista ke dalam drive DVD atau CD, maka segera tampil pilihan untuk melakukan instalasi. Dalam hal ini Anda tinggal menekan tombol Instal Now.

Selanjutnya dari tayangan tersebut Anda tinggal menunggu sehingga proses instalasi langsung dilaksanakan. Pada saat instalasi ini Anda hanya sesekali menekan tombol Next dan memasukkan CD-Key yang Anda miliki. Setelah proses instalasi selesai Anda diminta untuk melakukan activasi melalui Internet. Setelah melakukan activasi Windows Vista sudah siap digunakan.Publish

Menjalankan WIndows Vista

Untuk memulai Microsoft Windows Vista tekan tombol power di komputer dan di monitor. Setelah itu biarkan program bekerja. Tampilan awal sebelum Anda melakukan perubahan, Windows Vista akan menampilkan Welcome Center. Tampilan ini menjelaskan dan menampilkan hardware dan system yang Anda gunakan. Selain itu pada tampilan ini menampilkan fasilitas apabila Anda akan menambah hardware baru berupa Setup Device, fasilitas untuk menambah Account baru dan fasilitas untuk Transfer file dan setting.

  1. Untuk mengetahui beberapa fasilitas yang disediakan Microsoft Windows Vista terutama yang berhubungan dengan multimedia Anda bisa menjalankan Media Center. Langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:
  2. Klik Start
  3. Klik Media Center
  4. Klik Next untuk melanjutkan setup Media Center
  5. Klik lagi Next
  6. Kalau computer Anda memiliki koneksi Wireles Anda piloih Yes, tetapi kalau tidak pilih No lalu klik Next untuk melanjutkan
  7. Pada tampilan Internet Connection dan “Always on” Internet Connection” Anda pilih Yes atau No tergantung koneksi Internet yang Anda gunakan
  8. Klik Next untuk melanjutkan
  9. Pilih salah satu koneksi yang tampil, misalnya Internet, Internet Media Center atau lainnya
  10. Klik Next untuk melanjutkan
  11. Pada tampilan Enter Your DialUp Password, maskkan password Anda di kolom password, misalnya admin001
  12. Ketikkan sekali lagi password Anda, mialnya admin001
  13. Klik Next untuk melanjutkan
  14. Klik Test untuk mencoba sambungan koneksi. Jika tidak ada koneksi maka komputer akan

Catatan: Untuk memanfaatkan fasilitas ini sebaiknya computer Anda terkoneksi ke jaringan Internet. Namun demikian Anda juga tetap bisa memanfaatkan fasilitas ini walaupun tidak terkoneksi hanya sangat terbatas.

  1. Jika komputer Anda tidak terkoneksi ke jaringan Internet,maka akan tampil pernyataan DialUp failed.
  2. Klik saja Next untuk melanjutkan
  3. Klik lagi Next
  4. Kemudian pada tampilan Help Improve Media Center Anda pilih No Thank You, lalu klik Next lagi
  5. Klik Yes
  6. Klik Next, dan klik Next lagi
  7. Klik I’m finished dan klik Next
  8. Lalu klik Finish untuk mengakhirinya

Mengakhiri Windows Vista

Untuk mengakhiri Microsoft Windows Vista prosedur yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Klik Start.
  2. Klik salah satu pilihan yang tersedia
  3. Dalam keadaan ini ada tiga pilihan yang akan ditampilkan program, Switch User, Log Off, Lock, Shut Down dan Restart

Control Panel

Microsoft Windows sejak awal sudah menyertakan Control Panel, begitu juga Windows Vista juga menyertakan Conrol Panel yang lebih lengkap dan interaktif. Dalam Windows Vista, setiap jendela selalu bisa diatur dari menu standar menjadi menu Clasic. Bagi mereka yang sudah terbiasa dengan Windows Vista, perpindahan dari standard ke clasic tidak ada masalah, karena di Windows Vista sendiri sudah tersedia fasilitas ini.Dengan Control Panel pemakai bisa mengubah setting, menambah program baru, menghapus program yang tidak diperlukan, setting hardware dan sebagainya. Dengan kata lain Control Panel merupakan kumpulan fasilitas yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari yang sederhana, misalnya menambah dan menghapus Account hingga ke yang rumit, misalnya menambah hardware dan security.

1. Home Control Panel

Control Panel Windows Vista pada prinsipnya sama seperti Windows XP, hanya ada beberapa yang berubah dan penambahan beberapa komponen. Selain itu tampilannya juga sudah mengalami banyak perubahan, baik tampilan Clasic Menu maupun tampilan standar.

Melalui Control Panel ini Anda bisa menambah dan setting hardware baru, menambah dan menghapus Account, menambah dan menghapus program, menambah dan meghapus komponen Windows, dan sebagainya.

Seperti halnya pada Windows XP, Control Panel Windows Vista juga bisa dalam dua tampilan, yaitu tampilan Control Panel Home dan Clasic View.

2. Clasic View

Untuk melakukan berbagai perubahan, baik yang berhubungan dengan penambahan hardware, setting, menambah user, menambah dan menghapus komponen dan sebagainya akan lebih mudah dalam tampilan Clasic View. Tampilan ini digunakan bagi mereka yang belum mengenal dengan Microsoft Windows Vista.

Namun demikian baik tampilan Control Panel Home maupun Clasic View pada dasarnya sama saja. Jadi tidak ada perbedaan yang signifikan kecuali dalam hal tampilan saja.

Untuk pindah dari tampilan Control Panel Home ke Clasic View Anda cukup mengklik pilihan yang dimaksud, misalnya untuk menampilkan Control Panel dalam Clasic View, Anda cukup klik pilihan Clasic View, dan apabila Anda akan kembali ke tampilan standar, Anda cukup klik Control Panel Home.

Mengenal Firewall Windows Vista

Windows firewall dengan keamanan tambahan menjawab tantangan teknologi jaringan modern yang ada seperti IPsec and Network Access Protection. Windows firewall dengan keamanan tambahan, menawarkan keuntungan

  1. Mengurangi resiko ancaman keamanan jaringan. Windows firewall dengan keamanan tambahan melindungi computer dari serangan. Hal ini juga memastikan komputer lainnya dapat terlindungi.
  2. Perlindungan data dan hak cipta. Dengan integrasi IPSec, windows firewall akan mengecek keaslian dari pengguna, komunikasi, cakupan, akses bertingkat dan perlindugan data yang rahasia.
  3. Menigkatkan nilai tambah dan investasi.Windows vista telah menyertakan windows firewall dalam system operasinya seperti windows longhorn server dengan Active directory dan group policy. Windows firewall juga didisain dalam mendukung pihak ketiga dalam solusi keamanan dengan menggunakan scriptable application programming interface (API).

Lapisan keamanan ini dapat dikontrol melalui group policy atau programming skrip untuk menyaring pemakai, computer atau aplikasi yang ada. IP sec dapat mengetahui keaslian pemakai, computer sebagai bagian dari kebijakan pengamanan. Semua ini menjadikan windows vista sangat cocok di implementasikan dalam organisasi.

Membuat Account di Windows Vista

Anda dapat dengan mudah membuat, menghapus dan mengedit Account di komputer Anda. Account baru digunakan untuk membuat login ke Windows Vista sesuai dengan Account yang akan dibuat. Dalam hal ini biasanya disesuaikan dengan banyaknya pemakai komputer. Sedangkan untuk mengganti password, tampilan dan lain-lain dalam Account yang sudah dibuat Anda harus mengubahnya dengan cara mengeditnya.Sedangkan apabila Anda sudah tidak memerlukan salah satu account Anda dapat menghapusnya dengan mudah. Pilihan ini diambil apabila Anda sudah tidak memerlukan Account tersebut.

Membuat Account Baru

Account dalam sebuah komputer baik terhubung ke dalam suatu domain atau tidak tetap merupakan hal yang sangat penting. Sebagai contoh apabila Anda memiliki satu komputer dengan sistem operasi Windows Vista, kemudian di rumah Anda ada bebeapa orang yang menggunakan komputer tersebut, maka otomatis masing-masing orang harus dibuatkan user atau Account sendiri-sendiri. Tujuannya adalah agar file dan dokumen diantara saudara atau teman dalam satu rumah tidak berantakan dan asal masuk saja. Selain itu tentu saja masing-masing orang harus dibuat otoritas sendiri sendiri.

Untuk membuat Account baru ada beberapa langkah atau prosedur yang harus dilakukan, untuk jelasnya langkah yang Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Klik Start
  2. Klik Control Panel. Setelah itu jendela Control Panel segera tampil dilayar komputer Anda.
  3. Klik User Accounts and Family Safety. Setelah Anda menekan tombol mouse jendela berikutnya segera tampil
  4. Klik User Accounts. Setelah itu jendela Account aktif segera tampil
  5. Klik Manage another aoounts. Setelah itu Windows Vista akan menampilkan Windows Security
  6. Klik Allow untuk menampilkan kendela Manage Accounts
  7. Klik Create a new account
  8. Setelah Anda mengklik Create a new account Windows Vista akan menampilkan jendela untuk menuliskan Account baru. Ketikkan Account aru Anda di kolom New Account Name, misalnya Putik
  9. Klik Standard user atau apabila Anda menginginkan tingkat otoritas Administrator, Anda pilih Administrator
  10. Klik Create Account atau Cancel untuk membatalkan. Untuk pilihan ini Anda kik Create Account untuk membuat Account baru bernama “Putik”.

Membuat Password

Account yang sudah Anda buat sekarang sudah bisa diunakan, hanya saja masih belum dibuat keamanannya terutama password. Untuk itu buatlah password, caranya sebagai berikut:

  1. Klik Account yang baru Anda buat. Tujuannya adalah untuk menentukan tingkat keamanan dari user tersebut, isalnya untuk menentkan Account. Setelah itu akan tampil jendela Make changes to Putik’s Account. Putik’s adalah Account yang baru Anda dibuat.
  2. Klik Cange your password. Setelah itu akan tampil jendela Create a password for Putik’s account.
  3. Ketikkan password Anda di kolom Type a new password, ketikkan misalnya “admin001”
  4. Ketikkan sekali lagi password Anda di kolom Type a new password again to conform, misalnya “admin001”
  5. Ketikkan kata sebagai pengingat password Anda di kolom Type a word or phrase tu use as a password hint, misalnya admin
  6. Klik Change Password.
  7. Dengan mengikuti langkah tersebut Anda sudah bisa membuat password. Sekarang user tersebut sudah bisa digunakan.

    Fitur Baru Microsoft Office 2007

    Microsoft Office 2007 merupakan pengembangan dari Microsoft Office 2003 yang sudah teruji kemampuan dan kehandalannya sebagai aplikasi perkantoran yang tidak ada duanya. Penampilan Office 2007 sungguh diluar dugaan, pada versi terbarunya ini Microsoft merobak total dan tidak sedikitpun menyisakan penampilan Office yang ada pada versi sebelumnya. Semua tampilannya hampir tidak mencerminkan Microsoft Office yang penuh dengan menu dan sub menu yang merepotkan.

    Memang perintah-perintah yang ada di di Office 2002 maupun di Office 2003 masih bisa digunakan. Namun kali ini Microsoft merobak total dan kalau kita ingat hampir sama ketika Microsoft merobak total Windows 3.1 dan Windows 3.11 ke Windows 95 dan Windows NT.

    Menurut Junita Leeman, Marketing Manager Microsoft Office Indonesia “Microsoft Office 2007 hadir dengan fasiltas yang disebut dengan Ribbon. Ribbon ini dimaksudkan untuk memudahkan pengguna menggunakan semua features yang ada di Office 2007 dengan one klik hingga waktu pengerjaan bisa dihemat dengan sangat berarti, demikian Junita menjelasakan salah satu kelebihan Microsoft Office 2007 yang akan diluncurkan tanggal 7 Desember 2006, yang secara general akan lounching tanggal 14 Februari 2007”. Sedangkan di US sendiri rencananya awal tahun 2007″, katanya.

    Perubahan yang cukup signifikan dari Office 2007 ini antara lain User Interface. Coba perhatikan perubahan ini terlihat pada Word, Excel, dan PowerPoint. Pada aplikasi ini nyaris tidak terlihat menu-menu seperti versi sebelumnya. Di sini semua menu diganti dengan penampilan ikon yang inopatif dan informatif.

    Dengan sedikit menu dan nyaris tidak terlihat sub menu ini akan memudahkan bagi pemakai. Beberapa Interface yang ada di Office 2007 yang dirombak secara total antara lain tombol-tombol menu, sehingga menu yang terdapat pada Office 2007 lebih transparan dan teratur sehingga mudah penggunaannya.

    Menu dropdown yang ada pada versi sebelumnya kini hampir tidak ada, pada menu home misalnya, terdapat pilihan Clipboard, Font, Paragraph, Styles, dan Editing. Sedangkan untuk pilihan-pilihan yang tersedia berbentuk horizontal dan menggabungkan teks dan icon sehingga sangat mudah dan tidak perlu masuk dari menu ke sub menu.

    Pada versi lama Menu File merupakan menu awal yang sangat berguna untuk melakukan setting awal, seperti untuk menentukan ukuran kertas, menyimpan file, mencetak file dan sebagainya. Pada Office 2007 menu tersebut berubah total. Menu File pada sebelumnya kini hadir dengan sebuah ikon lingkaran dengan logo Office yang terletak di pojok kiri atas. Ketika pemakai mengkliki ikon tersebut akan tampak pilihan-pilihan New, Open, Convert, Save, Save As, dan lain-lain.

    Perubahan menu ini berlaku untuk semua keluarga Microsoft Office 2007. Jadi kalau Anda sudah membuka Microsoft Word 2007, maka ketika masuk ke aplikasi lainnya menu yang ditampilkan relatif hampir sama. Dengan demikian pemakai tidak akan kerepotan karena semua pilihan sudah bisa digunakan tanpa harus tersesat.

    SmartArt

    Pada Office 2007 terdapat sebuah tools yang cukup menarik bernama SmartArt. Tools ini terletak di menu insert dan grup pilihan Illustration. Kenapa diberinama SmartArt, karena tools bisa digunakan untuk memperindah pekerjaan dengan menampilkan berbagai macam diagram yang berbentuk graphic, baik dengan tipe 2D ataupun 3D. Sedikitnya terdapat 80 template yang bisa digunakan untuk memperindah pekerjaan Anda.

    Penampilan PowerPoint juga berubah, dalam hal ini terdapat tools baru bernama Photo Album yang bisa ditemukan pada menu Insert dan grup pilihan Illustration. Dengan pilihan Photo Album ini pemakai bisa leluasa membuat slide presentasi dengan menampilkan foto-foto yang sudah masukkan ke komputer Anda.

    Format File

    Sudah diketahui keluarga Microsoft menyediakan berbagai format file. Namun pada versi sebelumnya belum terlihat format file PDF yang dibuat oleh Microsoft Office. Bisa namun harus menggunakan tambahan aplikasi dari keluarga Adobe Acrobat.

    Pada Microsoft Office 2007, Microsoft sudah menyertakan fitur baru untuk menyimpan file dalam berbagai format termasuk format PDF dan XPS. Untuk bisa menggunakannya cukup pilih ikon lingkaran kemudian pilih Save As PDF or XPS. Jadi tidak perlu lagi menambahkan aplikasi lain untuk menyimpan file dalam format PDF tersebut.

    Format file lainnya juga mengalami perubahan, sebagai contoh file berformat Word yang tadinya berakhiran DOC, Microroft Excel berakhir XLS, PowerPoint berakhir.PPT kini berganti dengan DOCX untuk Word, XLSX untuk Excel dan PPTX untuk PowerPoint.

    Perubahan yang cukup berarti juga terdapat pada Microsoft Outlook 2007. Di mana Microsoft telah menambahkan sebuah kolom pada main window-nya. Kolom yang tadinya hanya tiga bagian sekarang menjadi empat bagian.

    Tiga kolom yang sudah ada adalah kolom e-mail, alamat dari e-mail dan isi e-mail yang sedang dibuka. Kolom tambahan yang keempat adalah kolom To Do Bar, di mana kolom ini akan menampilkan kalender pada saat Outlook tersebut Anda buka yang di dalamnya akan terdapat appointment dan tasks yang sudah Anda tentukan sebelumnya.

    Microsoft Access 2007 hampir berobah secara total, dimana berbagai penambahan baik interface maupun fitur dan fungsi pendukung lainnya. Ketika Anda mulai membuka aplikasi Access, pertama yang akan terlihat adalah interface yang sama sekali baru, berbeda dengan versi Office sebelumnya.

    Pada window pertama Anda akan berhadapan dengan pilihan berbagai kategori template yang sudah tersedia, baik itu kategori template yang sudah terinstal di dalam komputer Anda maupun kategori template yang harus di-download terlebih dahulu. Jika Anda ingin membuat database sendiri pilih ka tegori template “Featuring” yang di dalamnya terdapat satu buah pilihan, yaitu Blank Database. Setelah itu Anda tinggal meneruskan untuk membuat database Acces untuk data-data Anda. Selain itu Microsoft Access 2007 juga mempunyai kemampuan untuk proses impor dan export data.

    Selain aplikasi standar tersebut pada Microsoft Office 2007 ini juga dibundel Microsoft Publisher 2007 yang digunakan untuk keperluan desain majalah, buku, dan lain-lain. Hadir juga InfoPath 2007, OneNote 2007, Groove 2007 dan Coomunicator 2007. Aplikasi-aplikasi yang disebutkan terakhir ini merupakan tambahan yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan perkantoran modern saat ini.

    Sebenarnya masih banyak fitur-fitur baru dari Microsoft Office 2007 ini. Namun demikian penilaian sesungguhnya terserah kepada Anda yang akan menggunakan aplikasi keluarag terbaru dari Microsoft Corporation ini.

    Windows Explorer Windows XP

    Anda mungkin sangat terpesona ketika pertama kali membuka dan menjalankan komputer Anda. Karena Windows XP yang terpasang di komputer Anda menampilkan banyak perubahan dibandingkan Windows versi sebelumnya. Di versi yang paling baru ini Microsoft memperlihatkan berbagai kelebihan dengan fitur-fitur baru yang tidak pernah ditemui di Windows versi sebelumnya. Salah satu yang akan dibahas di sini adalah fungsi Explorer dan menu-menunya.

    1. Fungsi Explorer

    Fungsi Explorer sama seperti fungsi Explorer di Microsoft Windows 9.x dan Windows 2000. Hanya Explorer yang disediakan Microsoft Windows XP jauh lebih sempurna. Explorer yang disediakan Windows XP dapat diartikan sebagai sarana untuk menuju suatu tempat, misalnya folder, direktori, file atau aplikasi dengan cepat, singkat dan tepat. Selain itu Explorer ini dapat digunakan sebagai fasilitas untuk mengatur folder, file dan sebagainya.

    Sebagai bahan latihan, Anda bisa mulai aktifkan Explorer yang disediakan Microsoft Windows XP. Prosedur yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:

    1. Klik Start
    2. Klik My Computer
    3. Klik View
    4. Klik Explorer
    5. Klik misalnya Folder. Setelah itu komputer Anda akan menampilkan Explorer bar. Explorer kedudukannya menggantikan Task Pane Windows XP

    Explorer terbagi menjadi dua bagian, yaitu Panel Folder yang letaknya berada di sebelah kiri dan Panel File yang letaknya berada di sebelah kanan layar komputer. Panel yang berada di sebelah kiri ini tampilannya dapat diubah sesuai keinginan melalui Menu View.

    Dalam Panel Folder terdapat nama-nama file berikut drive atau direktori yang ada dalam harddisk suatu komputer. Selain itu Anda juga dapat melihat alamat situs Web yang pernah dikunjungi di Panel Folder ini. Tentu saja jika sebelumnya komputer yang Anda gunakan sudah terkoneksi ke internet.

    Di Panel File terdapat folder-folder yang dapat Anda pilih. Untuk melihat isi dari suatu folder Anda dapat mengklik ikon folder tersebut. Sedangkan apabila Anda ingin atau menampilkan folder-folder yang lain klik tombol panah ke kanan di bagian bawah layar.

    Kedua jendela ini dibagi oleh balok pembagi layar. Balok, pembagi berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil Panel Folder dan Panel File. Untuk mengubah Panel tersebut tempatkan pointer mouse di balok tersebut sampai pointer mouse berubah menjadi dua tanda panah. Setelah itu tekan dan tahan tombol mouse ke kiri atau ke kanan, sesuai dengan ukuran jendela yang dikehendaki.

    Pada saat Anda menggeser pointer akan diikuti dengan munculnya garis vertikal yang dapat Anda gunakan sebagai patokan perubahan ukuran jendela tersebut. Jika ukuran yang diinginkan tercapai lepas penekanan mouse.

    Untuk jelasnya ikuti prosedur berikut ini:

    1. Tempatkan pointer mouse di balok pembatas sampai pointer mouse berubah menjadi dua tanda panah.
    2. Tekan, tahan dan geser tombol mouse sesuai dengan ukuran jendela yang dikehendaki.
    3. Pada saat Anda menggerakan atau menggeser pointer mouse tersebut akan diikuti dengan munculnya garis vertikal yang dapat Anda gunakan sebagai patokan perubahan ukuran jendela tersebut.
    4. Jika ukuran yang diinginkan tercapai lepas penekanan mouse.

    Pada bagian atas jendela Explorer terdapat balok judul yang berisi Menu Pulldown, ikon Control Menu dan tombol pengatur jendela. Tombol pengatur jendela ini berisi Minimize, Maximize, dan Close. Jika Anda mengklik ikon Control Menu, maka Microsoft Windows XP segera menampilkan menu yang terdiri dari:

    • Restore

    Pilihan ini digunakan untuk mengembalikan jendela ke ukuran normal.

    • Move

    Pilihan ini digunakan untuk memindahkan jendela dari satu lokasi ke lokasi lain.

    • Size

    Pilihan ini digunakan untuk mengubah ukuran jendela dari besar menjadi kecil atau sebaliknya.

    • Minimize

    Digunakan meminimalkan ukuran jendela menjadi sebuah ikon yang dapat Anda lihat pada taskbar.

    • Maximize

    Digunakan untuk memperlebar ukuran jendela sampai menyerupai atau berbentuk desktop

    • Close Alt+F4

    Digunakan untuk menutup jendela

    2. Menu Explorer

    Di bawah balok judul Explorer terdapat balok menu yang disebut Menu bar. Menu bar ini berisi beberapa pilihan menu yang dapat Anda gunakan untuk berbagai keperluan. Menu-menu tersebut adalah:

    2.1. File

    Dalam keadaan normal (sebelum ada folder atau file yang ditandai dengan menempatkan pointer mouse) berisi pilihan-pilihan

    • New

    Dalam pilihan ini terdapat perintah-perintah yang berhubungan dengan perintah pembuatan item baru. Jika Anda memilih New, maka Windows akan menampilkan sub menu lain di bawah pilihan tersebut, diantaranya adalah:

    • Folder

    Digunakan untuk membuat folder kosong atau folder baru.

    • Shortcut

    Digunakan untuk membuat ikon shorcut

    • Text Document

    Digunakan untuk membuat ikon dokumen, dan lain-lain

    • Create Shorcut

    Digunakan membuat shorcut baru pada item yang telah dipilih.

    • Deletes

    Digunakan untuk menghapus item sesuai dengan pilihan Anda. Atau dengan kata lain pilihan ini digunakan untuk menghapus folder atau item sesuai dengan penempatan pointer mouse.

    • Renames

    Digunakan untuk mengganti nama item sesuai dengan pilihan Anda

    • Properties

    Digunakan untuk menampilkan properties dan item yang Anda pilih

    • Close

    Digunakan untuk menutup jendela.

    Sedangkan jika Anda menempatkan pointer mouse di sebelah kanan dan bukan pada nama file maka di bawah pilihan File terdapat beberapa pilihan menu, antara lain adalah:

    • Open

    Digunakan untuk membuka atau memulai item yang dipilih

    • Explorer

    Digunakan untuk membuka kotak dialog file All files. Jadi pilihan ini sama dengan pilihan find dari Start Microsoft Windows XP. Begitu juga kegunaannya sama yaitu untuk mencari file yang dikehendaki.

    Digunakan untuk mengirim folder yang dipilih ke floppy disk, printer, Recycle bin atau media lainnya yang dikehendaki. Sedangkan selebihnya sama seperti yang dijelaskan di muka. Pilihan ini akan berubah dan bertambah jika Anda menempatkan pointer mouse pada nama file tertentu.

    2.2. Edit

    Pada pilihan ini berisi perintah pemindahan item yang dipilih. Dalam menu Edit ini terdapat beberapa pilihan:

    • Undo Delete

    Digunakan untuk mengaktifkan kembali file yang terakhir kali dihapus.

    • Cut sama dengan Ctrl+X

    Digunakan untuk memindahkan item yang dipilih dan menyalin ke Clipboard.

    • Copy sama dengan Ctrl+C

    Digunakan untuk menyalin item yang dipilih dan memindahkannya ke clipboard

    • Paste sama dengan Ctrl+V

    Digunakan untuk menampilkan item yang telah disalin dan meletakannya pada daerah kerja yang dipilih.

    • Paste Shortcut

    Digunakan untuk menampilkan shorcut untuk item yang telah disalin dan memindahkannya ke daerah kerja yang telah dipilih sebelumnya.

    • Select All

    Digunakan untuk memilih semua item yang ada di jendela sebelah kanan.

    • Invert selection

    Digunakan untuk memilih semua item, kecuali yang aktif pada jendela kanan

    2.3. View

    Pilihan ini digunakan untuk mengkostumisasikan jendela. Jika Anda belum menambah fasilitas lain, pilihan View mempunyai beberapa pilihan yang dapat Anda gunakan, antara lain:

    • Tools bar

    Digunakan untuk menampilkan atau menyembunyikan suatu toolbar

    • Status Bar

    Digunakan untuk menampilkan atau menyembunyikan baris status

    • Explorer

    Pilihan ini digunakan untuk menampilkan jenis tayangan lain seperti Channel Guide, Favorites, dan lain-lain.

    • As Web

    Pilihan ini digunakan untuk mengubah bentuk tampilan classic menjadi bergaya situs Web

    • Large Ikon

    Digunakan untuk menampilkan folder, program atau dokumen dalam bentuk ikon besar.

    • Small Ikons

    Digunakan untuk menampilkan folder, program atau dokumen dalam bentuk ikon kecil.

    • List

    Pilihan ini sama dengan small ikon hanya semua item ditampilkan dalam bentuk kolom.

    • Details

    Digunakan untuk menampilkan informasi item yang dipilih dalam benuk ukuran, tipe, dan kapan suatu folder dimodifikasi.

    • Arrange Ikons

    Digunakan untuk menyortir atau menyusun tampilan ikon file atau folder pada jendela kiri berdasarkan nama, type file, kapasitas dan tanggal.

    • * Lines Up Ikons

    Digunakan untuk mengatur ikon pada invisible grid. Invisible adalah kolom yang digambarkan dalam bentuk garis yang tak tampak pada layar.

    • Customize this Folder

    Digunakan untuk membuka kotak dialog Customize Wizard. Pada kotak dialog ini Anda bisa mengatur folder dan type atau jenis folder dan file sesuai dengan data yang ada di komputer Anda. Setelah jendela Customize this folder tampil untuk selanjutnya Anda tinggal menekan tombol Next untuk melanjutkan pekerjaan tersebut.

    • Go To

    Pilihan ini digunakan apabila Anda akan berpindah dari satu tayangan ke tayangan lainnya. Selain itu Anda juga bisa menuju suatu situs Web, Home page, Mail, News dan lain-lain.

    • Refresh

    Pilihan ini digunakan untuk merevisi isi jendela dengan tampilan terakhir yang ditayangkan.

    • Favorits

    Di bawah pilihan ini banyak pilihan lagi yang dapat Anda gunakan untuk berbagai keperluan, diantaranya Add to Favorites, Organize Favorits, Manage Subscriptions, Update All Subscriptions, dan lain-lain.

    Pilihan ini digunakan apabila Anda akan berpindah dari satu jendela ke jendela lainnya. Atau bisa juga Anda menuju jendela favorit Anda dengan mudah dan cepat

    2.4. Tools

    Di bawah pilihan ini terdapat beberapa menu, antara lain: Map Network Drive, Disconnect Network Drive, Synchronize dan Folder Options.

    2.5. Help

    Di bawah pilihan ini ada dua menu, yaitu Help Topics dan About Microsoft Windows XP. Sebagaimana umumnya suatu aplikasi, pilihan ini digunakan jika pada saat bekerja memerlukan bantuan.

    Sedangkan About Microsoft Windows XP akan menampilkan konfigurasi sistem Microsoft Windows XP, lisensi bagi pemakai Windows dan lain-lain


Sinopsis

Aplikasi Microsoft PowerPoint telah banyak dimanfaatkan, baik oleh kalangan perkantoran, pendidikan, hingga kalangan profesional. Meskipun demikian, pada umumnya pengguna komputer hanya mengenal dan memanfaatkan sebagian fasilitas Microsoft PowerPoint. Banyak fitur dan kemampuan Microsoft PowerPoint yang belum dipahami, dikuasai, dan digunakan pengguna. Terlebih saat ini telah hadir versi terbaru Microsoft PowerPoint 2007 dengan tampilan dan fitur-fitur baru.

Melalui buku Hand book : Referensi Cepat menggunakan Microsoft Powerpoint 2007 ini, pembaca akan diberi pedoman dalam menggunakan beragam fitur dan kemampuan Microsoft PowerPoint 2007. Materi buku secara komprehensif akan mengulas seluruh fungsi dan fasilitas yang ditawarkan Microsoft PowerPoint. Pembahasan disajikan dengan memaparkan kegunaan setiap fitur dan cara pemakaiannya. Untuk mempermudah dan mempercepat pencarian referensi, maka materi buku ini disusun berdasarkan kategori menu dan fungsionalitas fitur aplikasi. Untuk membantu pencarian secara cepat, pada bagian akhir buku juga dilampirkan daftar indeks menu dan fasilitas Microsoft PowerPoint.

Buku ini diharapkan dapat menjadi pendamping aktivitas pengguna komputer saat menjalankan tugas pengolahan presentasi. Melalui buku ini, diharapkan pembaca secara mudah, cepat, dan tepat mampu menemukan dan menggunakan beragam fitur aplikasi sesuai kebutuhannya.

Daftar Isi

  • Bab 1 : Office Button : Fungsi Pengelolaan File
  • Bab 2 : Home : Fungsi Pengeditan Slide
  • Bab 3 : Insert : Fungsi Penyisipan pada Slide
  • Bab 4 : Design : Fungsi Pendesainan Slide
  • Bab 5 : Design : Fungsi Pendesainan Slide
  • Bab 6 : Slide Show : Fungsi Pengelolaan Sajian Slide
  • Bab 7 : Review : Fungsi Ulasan Dokumen Presentasi
  • Bab 8 : View : Fungsi Pengelolaan Tampilan

.: KEGIATAN BELAJAR 1(TUGAS BIOLOGI)

PROTOZOA

>>Tujuan : Setelah mempelajari kegiatan ini Anda diharapkan dapat: mendiskripsikan ciri-ciri Protista berdasarkan pengamatan, membandingkan ciri-ciri Protista dengan makhluk hidup lain, mendiskripsikan ciri-ciri Protista tertentu hasil pengamatan dan dari literatur, mengenali Protista berdasarkan ciri morfologinya, memberi contoh peranan protista bagi kehidupan, dan usun dan mempresentasikan karya ilmiah tentang Protista yang menguntungkan dan merugikan.

Protozoa | Uji Kompetensi-1 | Kegiatan Belajar 2 | Home |


Uraian

Tubuh protista ada yang tersusun atas satu sel saja (uniseluler) contohnya protozoa dan euglenophyta, ada pula yang tersusun atas banyak sel contohnya protista yang mirip jamur (tumbuhan). Organisme protista berdasarkan ciri yang dimikilinya ada yang mirip hewan, seperti tumbuhan dan ada yang seperti jamur. Berdasarkan pola perolehan atau pengolahan makanannya, maka protista dikategorikan dalam tiga kelompok dasar yaitu:

Kelompok Protozoa (Protista mirip hewan)
Kelompok Alga (Protista mirip tumbuhan)
Kelompok Jamur lendir

Atas dasar pengelompokkan di atas marilah kita pelajari satu persatu yang pertama tentang:

A. Protozoa (Protista mirip hewan)

a.
Ciri-ciri dan tempat tinggal

Protozoa merupakan hewan bersel tunggal, berinti sejati (eukariotik) dan tidak memiliki dinding sel. Protozoa berasal dari kata protos yang berarti pertama dan zoom yang berarti hewan sehingga disebut sebagai hewan pertama. Ukurannya antara 3 – 1000 mikron dan merupakan organisme mikroskopis bersifat heterotrof. Tempat hidupnya adalah tempat yang basah yang kaya zat organik, air tawar atau air laut sebagai zooplakton, beberapa jenis bersifat parasit dan menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan ternak.
Bentuk tubuh protozoa berbeda-beda pada fase yang berbeda dalam siklus hidupnya. Protozoa memiliki alat gerak yaitu ada yang berupa kaki semu, bulu getar (cillia) atau bulu cambak (flagel). Beberapa protozoa memiliki fase vegetatif yang bersifat aktif yang disebut tropozoit dan fase dorman dalam bentuk sista. Tropozoit akan aktif mencari makan dan berproduksi selama kondisi lingkungan memungkinkan. Jika kondisi tidak memungkinkan kehidupan tropozoit maka protozoa akan membentuk sista. Sista merupakan bentuk sel protozoa yang terdehidrasi dan berdinding tebal mirip dengan endospora yang terjadi pada bakteri. Pada saat sista protozoa mampu bertahan hidup dalam lingkungan kering maupun basah. Pada umumnya berkembangbiak dengan membelah diri.
Selanjutnya untuk lebih mengenal tentang bentuk-bentuk protozoa cobalah lakukan kegiatan praktikum bersama teman kelompok Anda yaitu “Organisme Protozoa yang ada di lingkungan kita”.

Tujuan


Langkah kerja :

: Mengidentifikasi dan mendiskripsikan organisme Protista dan menempatkannya pada tingkat klasifikasi yang tepat.
1. Potong-potonglah jerami (rumput kering), kemudian masukkan ke dalam botol hingga ¼ bagian.
2. Masukkan air sawah (sungai) kedalam botol ± ¾ bagian.
3. Biarkan botol terbuka, simpan di tempat yang tidak kena sinar matahari selama 1 minggu.
4. Pada hari ke delapan ambil setetes air dari dalam botol tadi dengan pipet, teteskan pada kaca benda dan tutup dengan kaca penutup.
5. Amati di bawah mikroskop, gambarkan protozoa yang Anda temukan.
6. Cocokkan dengan gambar yang ada dalam buku dan berikan nama jenisnya.
Tabel Hasil Pengamatan
NO.
Gambar Protozoa
Nama Jenis
Pertanyaan:
1. Jenis protozoa apa yang paling banyak Anda temukan?
2. Jelaskan cara perkembangbiakan jenis protozoa yang Anda temukan!
Setelah Anda jawab dan mengerjakan kegiatan di atas buatlah laporannya kemudian serahkan laporan tersebut kepada Guru Bina Anda. Selanjutnya mari kita teruskan pelajaran ini dengan materi berikut ini
b. Penggolongan Protozoa
Berdasarkan alat gerak yang dimilikinya Protozoa dibedakan menjadi 4 fillum yaitu:
1.


Fillum Mastigophora atau Flagellata (Flagellum = Cambuk)memiliki alat gerak berupa cambuk dan disebut cambuk getar
Contohnya: Trypanosoma.

2.


Sarcodina atau Rhizopoda (Rhizoid = akar, podos = kaki) yaitu protozoa yang bergerak dengan menggunakan pseudopodia (kaki semu), misal Amoeba.

3.

Cilliata atau Cilliophora (Cillia = bulu getar)
Protozoa yang memiliki bulu getar pada seluruh permukaan (membran selnya) digolongkan dalam kelompok (Fillum Ciliata), misalnya Paramecium.
4.


Sporozoa (Spora = alat reproduksi) yang dapat tumbuh menjadi individu baru
Semua protozoa yang tidak memiliki alat gerak khusus dan berkembangbiak dengan spora digolongkan dalam fillum sporozoa, misalnya Plasmodium.

1. Filum Mastigophora atau Flagellata
Semua organisme yang tergolong flagellata memiliki flagellum yang berperan sebagai alat gerak.
Mastighopora yang bersifat parasit adalah genus Trypanosoma dan genus Trichomonas.
Beberapa jenis Mastigophora yang bersifat parasit dan penyakit yang ditimbulkannya dapat dilihat pada tabel berikut

Tabel: Jenis Mastigophora dan penyakit yang ditimbulkannya
No.
Nama Jenis Mastigophora
Penyakit yang ditimbulkannya
1. Trypanosoma gambiense & Trypanosoma rhodesiense Parasit dalam darah manusia dan dapat menyebabkan penyakit tidur.Di Afrika penularan dilakukan oleh lalat Tse-tse yaitu Glosina palpalis.
Trypanasoma cruzi Penyakit chagas di Amerika
Trypanasoma evansi Penyakit sura pada hewan
Trypanosoma brucei Penyakit nagana pada sapi dan kerbau
Trypanasoma vaginalis Keputihan pada vagina wanita
Trypanasoma foetus Parasit pada vagiana sapi
2. Filum Sarcodina atau Rhizopoda
Organisme yang tergolong Sarcodina (Rhizopoda) menggunakan kaki semu atau pseupodia untuk bergerak dan menangkap mangsa misalnya Amoeba. Sedangkan Rhizopoda yang terbungkus oleh cangkang misalnya Foraminifero dan Arcella.
Amoeba adalah hewan bersel satu hidup bebas atau hidup sebagai parasit. Amoeba yang hidup bebas di tanah yang berair dan banyak mengandung bahan organik, contohnya: Amoeba proteus
Sedangkan contoh Amoeba yang bersifat parasit terdapat dirongga mulut seperti Entamoeba ginggivalis dan di dalam usus manusia adalah Entamoeba histolytica.
Gambar 2. Struktur tubuh Amoeba proteus
a.
Struktur tubuh Amoeba
Jika kita lihat tubuh amoeba maka dapatlah kita melihat bahwa tubuhnya dapat berubah-ubah. Pada tubuh bagian luar terdapat membran sel (membran plasma). Membran plasma berfungsi sebagai pelindung isi sel, mengatur pertukaran zat misalnya zat makanan, ekskresi. Alat gerak yang digunakan adalah dengan membentuk pseudopodia serta dapat menangkap rangsangan kimia dari luar tubuhnya. Bagian dalam terdapat sitoplasma yang dibedakan menjadi ektoplasma (bagian luar) dan endoplasma (bagian dalam).

Cara bergerak Amoeba dengan menggunakan kaki semu (pseudopodia) yang merupakan penjuluran dari sitoplasma. Pseudopodia digunakan untuk bergerak dan menelan mangsa (makanannya). Beberapa jenis amoeba membentuk sista dan di dalam sista terjadi pembelahan secara mitasis. Sista akan dikeluarkan bersama faeses (tinja), kemudian tersebar pada makanan dan minuman, akhirnya disebarkan oleh lalat.

Bagaimana Anda sudah paham dengan apa yang disampaikan di muka, cobalah untuk dipelajari dengan teliti dan jangan tergesa-gesa, setelah itu mari kita lanjutkan lagi masih tentang Amoeba.
Berdasarkan cara hidupnya Amoeba ada yang hidup parasit tapi ada pula yang hidup saprofit dalam tubuh manusia. Cobalah perhatikan bagan di bawah

Sekarang coba Anda jawab pertanyaan berikut!

1.
2.
3.
Apakah fungsi kaki semu pada Amoeba?
Bagaimana ciri-ciri Amoeba?
Sebutkan penggolongan Protozoa berdasarkan alat gerak yang dimilikinya

Setelah menjawab pertanyaan di atas marilah kita lanjutkan pada golongan Protozoa berikut yaitu: Cilliophora yang bergerak dengan silia.

3. Fillum Cilliophora (Cilliata)

Cilliata merupakan protista bersel satu yang permukaan tubuhnya ditumbuhi rambut getar (silia). Bentuk tubuhnya tetap tidak berubah-ubah, oval dan hidup di tempat-tempat yang berair misal: sawah, rawa, tanah berair dan banyak mengandung bahan organik.

Sifat hidup cilliata ada yang hidup bebas dan adapula yang parasit. Contoh cilliata yang hidup bebas adalah Paramecium candatum dan yang hidup parasit adalah Nyctoterus ovalis yang hidup di dalam usus kecoa adalah Balantidium coli yang parasit pada babi dan dapat menyebabkan penyakit balantidiosis (disentri balantidium).

Perhatikan gambar Paramecium dibawah ini:

Gambar 3. Paramecium
Dalam tubuh Paramecium memiliki dua macam inti (nucleus) yaitu inti kecil (mikronukleus) dan inti besar (makronucleus). Di samping itu memiliki vakuola makanan yang berfungsi untuk mencerna dan mengedarkan makanan, serta vakuola berdenyut yang berguna untuk mengeluarkan sisa makanan.
Paramecium bergerak dengan menggetarkan silianya, yang bergerak melayang-layang di dalam air. Hal ini akan terlihat jika menggunakan mikroskop. Sedangkan cara menangkap makanan adalah dengan cara menggetarkan rambut (silianya), maka terjadi aliran air keluar dan masuk mulut sel. Saat itulah bersamaan dengan air masuk bakteri bahan organik atau hewan uniseluler lainnya.
Berkembangbiak Paramecium adalah dengan cara:
a. Aseksual atau dengan cara membelah diri yaitu dengan pembelahan biner dimana sel membelah menjadi 2 kemudian menjadi 4, 8 dan 16 dst. Pembelahan diawali dengan pembelahan mikronukleus dan diikuti dengan pembelahan makronucleus. Perhatikan gambar pembelahan diri Paramecium.
b. Seksual atau perkembangbiakan secara kawin
Caranya adalah dua sel saling mendekat, menempel pada bagian mulut sel untuk kawin. Artinya kedua hewan ini sedang mengalami konjugasi. Selanjutnya terbentuk saluran konjugasi diantara kedua sel ini. Dan melalui saluran ini terjadi tukar-menukar mikronukleus. Mikronukleus dari sel yang satu pindah ke sel yang lain, demikianlah sebaliknya. Selanjutnya perhatikan gambar berikut ini:

Gambar 5. Konjugasi pada Paramecium

Sedangkan contoh hewan Cilliata yang lainnya adalah

1.
Stentor: hidup di sawah-sawah atau air tergenang banyak mengandung bahan organik.
2.
Didinium: merupakan pemangsa Paramecium, hidup diperairan yang banyak protozoa.
3.
Vorticella: bentuk seperti lonceng, silia terdapar di sekitar mulut sel.
4.
Stylonichia: mirip dengan Paramecium, silia berkelompok disebut sirus, hidup di perairan yang banyak mengandung sampah organik
Gambar 6. Contoh organisme Cilliata
Cobalah sekarang Anda ulangi lagi untuk mempelajari materi yang baru saja kita bahas (jelaskan). Mungkin ada hal-hal yang kurang mengerti. Coba Anda diskusikan dengan kelompok Anda atau bertanya kepada guru bina Anda. Sekarang sebelum melanjutkan pada Fillum Sporozoa silakan Anda jawab dulu pertanyaan berikut ini:
1. Apa fungsi rambut getar pada Cilliata?
2. Bagaimana cara menangkap mangsa/makanan Paramecium?
3. Jelaskan cara reproduksi pada Paramecium!
Selanjutknya mari kita lanjutkan ke materi berikutnya yaitu tentang:
4. Fillum Sporozoa
Semua anggota filum Sporozoa tidak memiliki alat gerak dan bersifat parasit, tubuh terbentuk bulat atau bulat panjang. Perkembangbiakan/siklus hidupnya dapat dibagi atas tiga stadium:
a. Schizogonia
Terbentuk secara membelah dan terjadi setelah menginfeksi inang
b. Sporogoni
Pembentukan spora di luar inang dan merupakan stadium efektif.
c. Gamogoni
Tahap pembentukan sel-sel gamet terjadi di dalam tubuh inang perantara atau nyamuk.
Contoh-contoh Sporozoa antara lain:
1. Plasmadium vivax, penyebab penyakit malaria tertiana dengan gejala demam (masa sporulasi) selang waktu 48 jam.
2. Plasmodium malariae, penyebab penyakit malaria Quartana dengan gejala demam (masa sporulasi) selang waktu 72 jam.
3. Plasmodium falcifarum, penyebab penyakit malaria tropika dengan gejala demam yang tidak teratur.
4. Plasmadium ovale, disebut malaria ovale tertiana, akan tetapi gejala demamnya lebih ringan daripada malaria tertiana yang disebabkan Plasmodium vivax.
Keempat contoh di atas adalah merupakan penyakit yang banyak ditemukan serta menyerang manusia. Kita tahu bahwa siklus (daur) hidup daripada Plasmodium yang dapat menyebabkan demam pada tubuh manusia melalui dua fase yaitu pada dase tubuh manusia dan fase tubuh nyamuk, perhatikan bagan di bawah ini:

Keterangan :

1. Nyamuk Anopheles betina menggigit, menghisap darah manusia kemudian mengeluarkan air liur yang mengandung sporozoit.
2. Bersama aliran darah sporozoit menuju hati, selama ± 3 hari.
3. Sporozoit membelah menjadi 8 – 32 merozoit, keluar dari hati kemudian menginfeksi sel hati lain dan membentuk merozoit baru. Akibatnya sel hati banyak yang rusak.
4. Gejala demam terjadi ketika merozoit melisiskan sel darah merah dalam jumlah banyak.
5. Gejala demam terjadi ketika merozoit melisiskan sel darah merah dalam jumlah banyak.
6.
Jika darah si penderita digigit nyamuk Anopheles dan menghisap darah penderita tadi maka makrogametosit dan mikrogametosit akan ikut terhisap dan masuk ke dalam usus nyamuk. Di dalam usus nyamuk makrogametosit danmikrogametosit berkembang menjadi makrogamet (ovum) dan mikrogamet (sperma). Prosesnya dinamakan gametogonia atau gametogenesis. Fertilisasi terjadi di dalam usus sehingga terbentuklah zigot (ookinet).
7.
Zigot (ookinet) selanjutnya akan menembus dinding usus dan untuk sementara akan menetap, terbungkus oleh otot dinding perut nyamuk (ookista)
8. Di dalam ookista, zigot akan membelah berulang kali sehingga terbentuk sel-sel yang lengkap dinamakan sporozoit.
9. Jika ookista telah matang maka akan pecah sehingga sporozoit tersebar ke seluruh tubuh nyamuk, diantaranya adalah ke dalam kelenjar ludah.
10. Apabila nyamuk menghisap darah manusia bersamaan dengan itu nyamuk akan melepaskan sporozoit ke dalam darah.
Cobalah Anda jawab pertanyaan ini:
1. Jelaskan daur/siklus hidup sporozoa
2. Jelaskan pula siklus hidup Plasmodium
Bila Anda belum bisa menjawabnya dengan benar, coba Anda pelajari kembali materinya. Setelah Anda pahami, dapat Anda lanjutkan pada materi berikut.

Sekarang kita lihat/pelajari apa peranan Protista bagi kehidupan. Seperti diketahui bahwa hubungan protozoa dengan kehidupan manusia itu diantaranya ada protozoa yang merugikan tapi adapula yang menguntungkan.

Protozoa yang merugikan antara lain Plasmodium, Entamoeba hyctolitica, Trypanosoma dan Balantidium.
Protozoa yang menguntungkan antara lain, Entamoeba coli yang hidup di usus sapi dapat membantu pencernaan sapi. Rhizopoda ada yang memiliki cangkang keras untuk melindungi selnya. Cangkang tersebut dari silikon (contoh Radiolaria) atau kalsium karbonat (misal Foraminifera). Keduanya hidup di laut. Jika hewan tersebut mati maka cangkangnya tetap utuh dalam waktu yang lama sehingga dapat berubah menjadi fosil. Fosil ini digunakan untuk menentukan umur lapisan bumi atau sebagai petunjuk sejarah bumi. Disamping itu fungsi lainnya adalah digunakan sebagai petunjuk adanya sumber minyak bumi.
Setelah Anda membaca tentang Protista yang menguntungkan dan protista yang merugikan, kerjakan tugas berikut. Buatlah suatu karangan tentang keuntungan dan kerugian yang diakibatkan oleh Protista. Hasil tulisan tersebut cobalah Anda presentasikan kepada teman kelompokmu dan guru binamu yang menilainya.
Demikian tadi kita sudah mempelajari protozoa bagian dari kelompok protista, Apakah Anda sudah pahami semua? Jika belum coba ulangi lagi, kemudian coba kerjakan pertanyaan di bawah ini. Jika jawabannya sudah selesai, cocokkan jawaban Anda dengan kunci jawaban di halaman belakang modul.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s