Kuliah Kewarganegaraan

WAWASAN KEBANGSAAN (fisip-pemerintahan unila)

Wawasan kebangsaan adalah pandangan dari suatu bangsa terhadap negaranya untuk mencapai tujuan-tujuan awal. Kultur bangsa adalah kebiasaan-kebiasaan atau kebudayaan-kebudayaan yang dianggap sebagai dasar untuk hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

 

Wawasan kebangsaan sebagai benteng dalam mempertahankan kultur bangsa di era globalisasi

 

Ya wawasan kebangsaan itu memang sangat penting sekali untuk mempertahankan kultur bangsa di era globalisasi ini mengapa saya berkata demikian? Karena ini wawasan kebangsaan hampir tidak dimiliki oleh setiap orang dapat kita buktikan dengan kita melakukan survey kepada 10 orang siswa SMA apakah mereka tahu tentang wawasan kebangsaan, saya prediksikan tidak akan 100% mereka menjawab tahu. Hal itu terjadi karena memang wawasan kebangsaan di era globalisasi ini kurang diminati untuk dipelajari. Yang dipelajari hanyalah matematika, fisika, biologi, ekonomi, akuntansi dan semacamnya. Dan mungkin wawasan kebangsaan termasuk yang dipelajari namun perbandingan mempelajarinya adalah 1:3 dengan pelajaran diatas yaitu untuk meningkatkan mutu pendidikan di negara kita ini, karena memang mutu pendidikan di negara kita ini berada di deretan bawah mutu pendidikan tingkat dunia. Namun wawasan kebangsaan di negara kita ini jangan di kesampingkan karena wawasan kebangsaan itu termasuk hal yang sangat penting dan seharusnya ia disetarakan dengan pelajaran yang mempengaruhi mutu pendidikan. Karena jika wawasan kebangsaan itu rendah kultur bangsa yang ada di negara kita akan mudah tercampur dengan kultur bangsa dari luar. Dapat kita lihat bahwasanya kultur bangsa kita sudah tercampur dengan kultur bangsa dari luar, buktinya dengan para  remaja kita saat ini yang sangat senang mengikuti kultur-kultur dari luar. Contohnya cara berpakaian para remaja lebih suka menggunakan pakaian-pakaian yang membuka aurat dan mengenakan celana mini (khususnya remaja perempuan)   kemudian remaja laki-laki lebih senang mengenakan celana-celana yang robek-robek kemudian celana yang sempit dan masih banyak lagi. Kemudian cara bermusik  yang saat ini menyukai musik-musik  yang bersuara keras yang membuat telinga orang yang mendengar serasa ingin pecah. Kemudian cara menata rambut dengan gaya rambut kesamber petir, gaya rambut David Beckham, kemudian gaya rambut anak punk dan terlalu ingin rambut seperti orang bule sesampainya rambut di cat (kaya tembok aja dicat). Itulah beberapa hal yang disebabkan oleh kurangnya wawasan kebangsaan. Memang kita boleh mencampurkan kultur bangsa kita dengan kultur bangsa lain namun dengan batasan-batasan tertentu yang tidak menghilangkan kultur asli bangsa kita. Yang sebenarnya jika kita berani untuk tidak mengikuti kultur dari luar yaitu dengan menggunakan kultur kita sendiri tentu itu akan jauh lebih baik dan kita dapat mencerminkan juga siapa negara kita. Tetapi para remaja saat ini beranggapan mereka melakukan semua ini berdasarkan mengikuti perkembangan zaman (zaman diikutin kalo nyemplung comberan masih mau diikutin).

 

Ya, terlalu mengikuti perkembangan zaman kultur bangsa kita yang berupa kebudayaan-kebudayaan daerah sudah hampir punah (jadi sama dong dengan satwa tapi kan satwa dilindungi dan dilestarikan masa kebudayaan daerah tidak dilakukan seperti itu dan justru kebudayaan daerah itu lebih tinggi tarafnya dibandingkan dengan satwa). TANYA KENAPA??? Dapat kita lihat pula bahwasanya remaja saat ini kurang minatnya untuk mempelajari ataupun untuk menguasai kebudayaan-kebudayaan daerah yang melainkan pada saat ini para remaja lebih menyukai untuk mempelajari suatu kebudayaan (seni) yang justru kedudukannya lebih penting kebudayaan (seni) daerah, contohnya seni freestyle, atraksi motor, dance, dan yang lainnya. Inilah kelemahan-kelemahan remaja saat ini yang selalu berpijak pada satu kata yaitu MENGIKUTI PERKEMBANGAN ZAMAN. Tanpa mengetahui siapa diri ASLI mereka sendiri.

 

KESIMPULAN

Wawasan kebangsaan adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh kita semua terutama para remaja masa kini yang merupakan generasi penerus bangsa, yang bertugas meneruskan perjuangan-perjuangan orang yang terdahulu dalam rangka membangun suatu negara menjadi negara yang maju, sejahtera, daa tentram-damai, serta untuk menjaga dan melestarikan kultur bangsa di era globalisasi ini, agar kultur bangsa kita menjadi kultur bangsa asli dan tidak tercampur dengan kultur bangsa luar yang dapat menghilangkan jati diri bangsa.

One comment on “Kuliah Kewarganegaraan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s